Kamis, 01 November 2018

Wisata Alam Di Bukit Lawang Sumatra Utara

 semedan.com
Foto: semedan.com

Bukit Lawang merupakan tempat wisata alam di kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Tempat yang terkenal dengan arus sungainya yang deras dan jernih dan tempat pengamatan Orang utan Sumatera semi-liar di kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser.

Orangutan Sumatra (Pongo abelii) adalah salah satu dari dua spesies orangutan di Indonesia dan hanya dapat ditemukan di pulau Sumatera.Taman Nasional Gunung Leuser yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis adalah kawasan pelestarian alam Indonesia yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang pulau Sumatera.

Bukit Lawang menjadi destinasi menarik bagi turis mancanegara, tidak heran Anda akan banyak menemui turis asing “Bule” disana.Untuk menuju tempat wisata alam ini, Anda naik taksi dari Bandara Kualanamu atau dari hotel menuju terminal bus Pinang Baris, dilanjutkan dengan naik bus atau mobil carteran yang berada di simpang sebelum terminal Pinang Baris.

Di perkirakan biaya ongkos sekitar Rp.50.000/orang pinang baris-bukit lawang atau degan kendaraan prbadi dengan waktu di tempuh sekitar 2,5 jam dari kota medan. Melewati kota binjai menuju persiapan jalan gaotot subroto menuju jalan binjai-kuala. Andan akan melewati jembatan besi sebanyak 7 jembatan sebelum samapai ke bukit lawang. Di beberapa ttik terdapat jalan rusak bergelombang dan berhati-hati juga kecepatan,ternak lembu masyarakat terkadang berada di tengah jalan. Sesudah gapura/gerbang PT.langkat nusantara kepong ada persimpangan jalan ,berjalan terus menuju rindu alam hotel- bukit lawang berbelok kekanan menuju menuju tempat parkir kendaraan. Biaya parkir Rp.10.000. setelah memarkir kendaraan. Anda akan disambut suara deras air sungai dan menemukan deretan warung.

Arus sungai bahorok yang deras inilah yang dijadikan pengunjung untuk menikmati sensasi tubing dan raffting dengan ban mobil atau tube rafting. Menyeberang di jembatan dikenakan biayaRp.2.000/orang. Inilah keunikan jembatan yang ada di bukit lawang, setiap pengelola tempat wisata membangun jembatan sendiri untuk menyeberang para tamunya. Seperti ecolodge bukit lawang,jembatan berada di sebelah rindu alam hotel, jembatan wisma leuser sibayak tempat di depan parkir kendaraan umum, 

Dan disana juga ada tempat wisata yang bisa di kunjungi yaitu gua kalilawar yang terletak  kedalaman hutan dan masuk kesana di kenakan biaya sabanyak Rp10.000/orang.dan di sana kita memerlukan lampu dan hp. Dan kita dapat berfoto di sana bersama kawan dan keluarga.

ksmtour.com
Foto: ksmtour.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar