Jumat, 16 November 2018

Manfaat pohon jati


Manfaat pohon jati
Manfaat pohon jati -Pohon jati merupakan pohon yang tahan hidup di daerah kering, pohon ini mempunyai cabang yang rendah, pohon ini bisa tumbuh tinggi dan besar pada daerah suburdan cukup air,  tingginya dapat mencapai 30 m serta diameter pohonnya dapat mencapai 2 meter . Namun pohon ini juga dapat hidup di daerah kering, saat musim kemarau pohon jati akan menggugurkan daunnya, dan akan menumbuhkan lagi daunnya disaat persediaan air sudah cukup yaitu saat musin hujan.

Akar pohon jati termasuk kedalam jenis akar tunggang. Struktur batangnya kayu, jenis daun pada tanaman ini tunggal, daunnya tersebar di seluruh ranting. Lebar daunnya 30-40 cm sedangkan panjangnya bisa mencapai 40-50 cm. struktur pangkal dan ujungnya meruncing, bentuk pertulangan menyirip, serta mempunyai permukan yang kasar. Pada daun yang tua warnanya hijau pucat sedangan pada daun yang muda yang baru tumbuh berwarna merah keunguan. 
Selain sebagai pewarna fungsi daun jati juga sebagai pembungkus, di jawa masih banyak digunakan khusunya membungkus bahan makanan seperti tempe, dan untuk berbagai acara seperti nasi kenduri, para petani yang membawa nasi ke sawah akan terasa lebih nikmat bila dibungkus daun jati.. seleranya akan berbeda lhoo..

pohon jati ini merupakan pohon yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari -hari, diantaranya :

1.Kayu pohon jati
digunakan untuk keperluan bangunan seperti reng atap rumah, soko (tiang) dalam rumah-rumah jawa, sebagai bahan baku pembutan kusen jendela, pintu serta berbagai furniture seperti meja , kursi, almari, dsb. Dipilih kayu jati tentunya karena kemudahan dalam pemotongan dan pembentukan kayu ini juga awet dan tahan lama.

2.Daun jati
punya manfaat sebagai pewarna alami warna merah, lihat saja pada daunnya yang muda warnanya kemerah merahan, bila diremaskan ke dalam air maka air akan berwarna merah,,, hmm kalau jaman saya kecil dulu sering kami gunakan untuk mainan, 

3.kayu
Tidak hanya batang kayu dan daunnya juga , akar pohon jati masih bisa dimanfaatkan, selain sebagai kayu, banyak pengrajin yang menjadikan akar pohon jati menjadi furniture unik seperti meja, kursi dll, kesannya akan nampak unik, dan alami.

4.Ranting
yang satu ini ni, bagi msyarakat pedesaan yang masih menggunakan bahan bakar kayu untuk memasak ranting pohon jati merupakan salah satu bahan bakar yang mudah didapat di masyarakat pedesaan yang masih banyak pohon jati di daerah mereka

Manfaat kayu jati bagi manusia banyak sekali, kita sering menjumpai kayu jati di sekitar kita digunakan sebagai bahan untuk membangun rumah, seperti : pintu, jendela, atap, meja, kursi dan masih banyak lagi.
Selain kegunaan kayu jati yang begitu banyak, daun pohon jati juga sering dimanfaatkan oleh warga untuk aktivitas keseharian mereka.
Pohon Jati sendiri merupakan salah satu pohon penghasil kayu berkualitas tinggi. Pohon Jati memiliki batang yang besar, lurus, dan dapat tumbuh hingga mencapai 30-40 meter. Memiliki daun yang lebar, apabila musim kemarau daun Jati akan berguguran.
Pohon Jati dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan yang rendah 1500-2000 mm per tahun dan dapat tumbuh di daerah dengan suhu udara yang panas 27-36 °C. Tanah yang bagus untuk pertumbuhan pohon Jati adalah tanah dengan pH 4.5-7 dan tidak dibanjir dengan ari. Pohon Jati memiliki daun yang lebar sekitar 30-60 cm dan berbentuk elips.
Kayu Jati mengandung seperti minyak dan endapan di dalam sel-sel kayu sehingga bisa awet digunakan outdoor meski tanpa dilapisi dengan vernis, kayu Jati akan semakin awet apabila dipakai di dalam ruangan.

Manfaat Kayu Jati Untuk Rumah

trendir.com
Foto: trendir.com
Kayu Jati merupakan kayu yang paling populer digunakan masyarakat Indonesia sebagai bahan baku pembuatan konstruksi bangunan rumah dengan segala perabotannya.
Kalau Anda mengunjungi daerah pedesaan terutama daerah utara Jawa Tengah, Anda akan menemukan banyak banyak rumah-rumah yang dibangun menggunakan kayu Jati dari pondasi, dinding, sampai atapnya.
Penggunaan kayu Jati sebagai rumah menggunakan kayu Jati dinilai lebih murah dan lebih awet. Hal ini juga mempertimbangkan kondisi tanahnya yang kering dan tidak stabil. Apabila musim hujan, tanah menjadi becek, sedangkan musim kemarau tanahnya kering dan terkadang bergeser.
Tapi seiring berjalannya waktu, penggunaan kayu Jati sebagai rumah-rumah menjadi sebuah trend baru. Terbukti banyak tempat wisata dan villa yang menggunakan rumah kayu sebagai rumah peristirahatan.

Kayu Jati untuk Tiang Rumah

wordpress.com
Foto: wordpress.com
Tiang rumah memiliki peranan penting untuk berdirinya bangunan rumah kita. Selain bermanfaat menyangga rumah, tiang rumah juga bisa diberi sentuhan seni sehingga rumah Anda akan terlihat lebih indah. Dengan diberikan sedikit sentuhan seni pada tiang rumah Anda, maka akan terlihat lebih impresif, menarik dan ikonik.

Kayu Jati Untuk Dekorasi Outdoor

nytexas.com

Foto: nytexas.com
Kelebihan kayu jati yakni memiliki hue emas indah finish yang alami. Kayu ini memiliki alam perlawanan terhadap unsur-unsur cuaca. Setelah terkena hujan dan sinar matahari, kayu jati akan berubah warna menjadi silver abu-abu yang indah, sehingga dekorasi outdor dengan kayu jati akan terlihat elegan.

Kayu Jati untuk Lantai

vasileflooring.com


Foto: vasileflooring.com
Manfaat kayu jati selanjutnya adalah sebagai lantai atau parket. Parket sendiri adalah jenis kayu yang menutupi sebagian lantai rumah, sehingga lantai rumah tidak lagi menggunakan keramik atau tegel yang keras dan licin. Penggunaan kayu sebagai lantai pastinya akan menambah estetika dekorasi rumah Anda.

Manfaat Kayu Jati untuk Gazebo

pinimg.com
 Foto: pinimg.com

Rumah yang cantik nan sejuk pasti menjadi idaman setiap keluarga. banyak keluarga yang membuat taman agar rumah terlihat sejuk. Tapi kalau Anda memiliki lingkungan yang terbatas, membangun gazebo di halaman ada merupakan solusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar