Rabu, 07 November 2018

Inilah 6 Minuman Khas Indonesia Saat Panas


Inilah 6 Minuman Khas Indonesia Saat Panas -Indonesia adalah negara tropis. Oleh karena itu, indonesia memiliki banyak potensi alam. Termasuk cuacanya yang panas saat musim kemarau. Nah nenek moyang kita dahulu, membuat berbagai minuman segar untuk menghilangkan rasa panas yang sering sekali hadir di Indonesia. Orang indonesia memanfaatkan dengan baik berbagai macam sumber daya alam di indonesia, sehingga berhasil menciptakan minuman segar yang enak di santap saat cuaca sedang panas. Nah bagi kamu- kamu yang penasaran, minuman segar apa saja yang menjadi khas indonesia? 

Berikut ini 6 minuman dingin khas indonesia.

1.       Es Cendol
 rasamasa.com
Foto: rasamasa.com

Siapa yang tidak kenal es yang satu ini? Es cendol adalah salah satu minuman segar khas indonesa yang terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan air santan dan gula merah cair. Es cendol juga disajikan dengan parutan es. Es cendol adalah salah satu minuman segar khas indonesia yang sangat terkenal. Sehingga mudah ditemukan hampir disetiap propinsi di indonesia.

2.       Es Timun
resepkoki.id
Foto: resepkoki.id

Es timun adalah minuman khas aceh. Es ini terbuat dari parutan timun yang disajikan dengan lemon dan gula. Minuman ini sangat segar, karena timun yang ada di dalamnya. Timun yang di parut, memberikan kesegaran, karena timun mengandung air yang sangat tinggi. Ditambah perasan jeruk lemon, gula, dan sedikit es. Es yang dipakai adalah es parut, sehingga mudah untuk dinikmati. Es timun yang berasal dari aceh, mudah ditemukan di rumah makan khas aceh yang tersebar di seluruh Indonesia.

3.       Es Kolak
Tribunnews.com
Foto: Tribunnews.com

Es kolak adalah salah satu minuman segar khas indonesia yang memiliki banyak varian. Hal ini karena buah yang di pakai dapat diganti sesuai selera. Ada kolak pisang, nangka, ubi jalar, labu, apel, bahkan durian. Akan tetapi kolak yang paling terkenal, dan umum di masak oleh ibu- ibu adalah kolak pisang dan kolak nangka. Kolak terbuat dari buah, yang disajikan dengan santan dan gula aren. Berbeda dengan cendol, kolak harus direbus dalam proses pembuatannya. Kolak dapat disajikan hangat, tetapi jauh lebih nikmat saat di campur dengan es.

4.       Es Dawet
 Blogger.com
Foto: Blogger.com

Es dawet juga menjadi salah satu minuman yang terkenal. Bahkan es ini dapat di temukan hampir di seluruh indonesia. Es dawet sendiri terbagi menjadi dua, yautu dawet ayu asal banjarnegara dan es dawt asal jepara. Perbedaan kedua dawet ini adalah, es dawet ayu memakai tepung beras dan tepung ketan. Sedangkan es dawet hanya memakai tepung beras. Es ini disajikan dengan gula merah cair,atau juga dapat di tambah nangka, sehingga terasa lebih sedap.

5.       Es Teller
 idntimes.com
Foto: idntimes.com

Es teller adalah es yang berisi macam- macam. Es teller juga mudah ditemukan hampir di seluruh indonesia. Es teler adalah es yang berisi alpokat, nangka, mutiara, agar- agar, yang di campur dengan sirup, susu, dan es parut. Es teller juga biasanya di tambahkan potongan kecil roti. Es ini sangat segar, karena buah- buahan di dalamnya. selain itu, es ini juga enak, dan mudah ditemukan.

6.       Es Doger
dapurlagi.blogspot.com
Foto: dapurlagi.blogspot.com

Es doger adalah salah satu jenis es yang biasa hadir menjadi salah satu menu di acara- acara hajatan yang ada di indonesia, terutama di wilayah betawi. Es ini terbuat dari doger, yang dicampur air santan. Pada perkembangan jaman, es doger mulai mengalami penambahan, dengan ditambahkannya alpukat, pacar cina, hingga ketan hitam, sehingga rasa es doger semakin enak. Es doger yang disajikan dengan es serut, membuatnya menjadi minuman segar yang disukai oleh semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar