Jumat, 16 November 2018

Cinta kasih


                         
      
 brilio.net
                Foto: brilio.net

Cinta kasih -Cinta adalah perasaaan yang lahir dari hati seseorang, timbul dengan sendirinya, tidak melhat waktu dan usia, suatu asa untuk ingin menyayangi dan memiliki, seperti perasaan cinta ibu kepada anaknya,perasaan cinta tuhan kepada umatnya yang bertaqwa.cinta yang tulus akan menimbulkan nilai-nilai kejiwaan yang selalu tulus dan berserah.
                Cinta kasih bersumber pada ungkapan perasaan yang didukung oleh unsur karsa,yang dapat berupa tingkah laku dan pertimbangan dengan akal yang menimbulkan tanggung jawab. Dalam cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang dan kemesraan.
                Cinta kasih yang disertai dengan jawab menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kedamaian antara sesama manusia,antara manusia dengan lingkungan,dan antara manusia dengan tuhan.
Macam-macam cinta kasih
1.       Cinta kasih antara orang tua dan anak. Orang tua yang memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya.berarti mempuyai rasa cinta kasih terhadap anak. Mereka selalu mengharapkan agar anaknya menjadi orang baik dan berguna dikemudian hari
2.       Cinta kasih antara pria dan wanita. Seseorang pria menaruh perhatian terhadap seorang gadis dengan perilaku  baik,lemah lembut,sopan.
3.       Cinta kasih antara manusia dan allah.apabila seseorang taat beribadah,menurut perintah tuhan,dan menjauhi larangan-Nya, orang itu mempunyai cinta kasih terhadap

Cinta ,boleh jadi merupakan suatu istilah yang sulit untuk dibatasi secara jelas,secara sederhana cinta bisa dikatakan sebagai panduan rasa simpati antara dua makhluk rasa simpati ini tidak hanya berkembang diantara pria dan wanita,akan tetapi bisa juga diantara pria degan pria dan wanita degan wanita,contohnya yang mudah dimengerti dan terkadang tanpa kita sadari itu bentuk cinta kasih antara ayah terhadap putranya ,seorang ibu terhadapnya putrinya,dan sebaliknya.

Agar dapat memahami arti dari cinta kasih yang sesungguhnya,bahwa wujud  cinta terhadap manusia yang harus kita tumbuhkan dalam hati nurani.cinta kasih atau cinta sejati adalah cinta kemanusiaan yang tumbuh dan berkembang dalam lubuk sanubari setiap manusia bukan karena dorongan suatu kepentingan,melainkan atas dasar kesadaran bahwa pada hakikatnya kemanusiaan itu satu.cinta dan kasih yang memberikan hidup manusia lebih berarti.      
  Hidup tanpa cinta itu kosong.cinta amat penting dalam kehidupan manusia.belumlah sempurna hidup seseorang itu jika dalam hidupnya tidak pernah dihampiri atau dihinggapi rasa cinta.karena hidup manusia di dunia ini tidak hanya seorang dirti,melainkan selalu melibatkan orang lain

Karena cinta itulah maka kehidupan ini ada.bukankah manusia berbuat sesuatu karena dorongan perasaan cinta tersebut.bukan hanya manusia,bahkan binatang-binatang pun sesungguhnya berbuat sesuatu karena dorongan perasaan cinta.hanya bedanya,manusia berbuat karena kesadaran dan akalnya,sedangkan binatang berbuat karena nalurinya.pada hakikatnya cintalah yang terdapat pada asal mula dari hidup,sekurang-kurangnya rasa cinta akan diri sendiri.

 Kasih sayang dialami oleh tiap manusia,karena kasih sayang merupakan bagian hidup manusia.sejak lahir anak telah mengenal kasih sayang,meskipun ada pula kelahiran anak itu tidak diharapkan,umumnya bukan lahir pada kasih sayang.sehingga,pada hakekatnya,manusia tidak bisa hidup tanpa cinta,karena manusia tidak bisa hidup sendiri,manusia membutuhkan kasih sayang,agar hidup lebih berarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar