Selasa, 13 November 2018

Inilah Beberapa Dampak Berbahaya Akibat Banjir


 socialtextjournal.com
Foto: socialtextjournal.com

Inilah Beberapa Dampak Berbahaya Akibat Banjir -Dampak banjir adalah kelumpuhan aktifitas karena warga sulit keluar dari pengungsian. Korban banjir akan kesulitan dalam mendapat makanan dan pakaian karena rumah mereka terendam air.

Ini 5 dampak bahayanya banjir

1. Mematikan Aktifitas Warga
Banjir dengan kedalaman satu meter yang menenggelamkan rumah warga di suatu daerah pasti akan memaksa warga untut pindah ke tempat pengungsian yang aman dari banjir. Pakaian dan perabotan rumah yang hanyut terbawa air menimbulan kerugian bagi warga dalam keadaan sulit melakukan aktifitas kerja dan mendapatkan makanan. Karena itulah di tempat pengungsian mereka sangat membutuhkan bantaun seperti makanan pokok dan pakaian ganti, terutama bagi anak-anak yang belum mampu hidup mandiri.

2. Kerugian Ekonomi
Secara materi korban banjir akan banyak kehilangan barang perabotan bahkan rumah bisa rusak dan hanyut akibat diterjang arus. Selain itu mereka juga sulit bekerja untuk beberapa waktu sehingga mereka banyak kerugian yang besar dari segi ekonomi.

3. Kesulitan Air Bersih
Ketika banjir hampir semua wilayah tergenang air kotor hal ini menyebabkan masayarakat sulit untuk mendapat air bersih. Untuk air minum biasanya menggunakan air golon atau isi ulang, sedangkan air untuk mandi cukup sulit yang memaksa pengungsi banjir menahan untuk tidak mandi karena keterbatasan air bersih.

4. Timbulnya Penyakit
Air dari banjir yang kotor, kekurangan air bersih, dan banyak genangan sangat memicu wabah penyakit yang kerap di derita warga yang daerahnya kebanjiran. Terutama kalangan anak-anak dan lanjut usia yang rentan terserang penyakit seperti gatal, diare bahkan sampai demam berdarah.

5. Korban yang meninggal
Di saat hujan deras dan air sungai meluap seringkali kejadian menyebabkan warga terseret arus hingga meninggal dunia.

Da juga ada dampak dari lingkungan yaitu:

Kerusakan sarana dan prasarana
Bencana banjir bisa menimbulkan kerusakan sarana dan prasarana, karena banjir yang menerjang bisa merusak rumah penduduk, gedung, kendaraan dan juga merusak fasilitas sosial
Melumpuhkan jalur transportasi
Banjir yang meluap hingga di jalanan dapat menimbulkan masalah, salah satunya adalah lumpuhnya jalur transportasi. Sehingga warga baik pejalan kaki ataupun pengguna kendaraan tidak bisa melewati dan tentu hal ini akan menimbulkan kerugian
Pencemaran Lingkungan
Luapan air karena banjir akan membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sedikit sampah yang berserakan tentu hal ini akan mencemari lingkungan dan juga menimbulkan berbagai macam penyakit.
Pemicu Tanah Longsor
Semakin deras hujan turun maka semakin tinggi air banjir yang menyebabkan tanah dan jalana terkikis dan dapat menjadi longsor.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar