Minggu, 04 November 2018

Hati-Hati Yang Sering Mengkomsusi Popcorn Terlalu Sering


manfaatdanbahayapopcorn.blogspot.com
Foto: manfaatdanbahayapopcorn.blogspot.com

            Hati-Hati Yang Sering Mengkomsusi Popcorn Terlalu Sering - Popcorn yang dibuat menggunakan microwave dikabarkan berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Seperti dikutip womenshealthmag, popcorn mengandung bahan kimia berbahaya.
Inilah yang perlu Anda ketahui kebenarannya. Peneliri dari studi yang diterbitkan Environmental Health Perspectives menemukan, 75 persen dari rokok elektrik aneka rasa mengandung diacetyl, yaitu bahan kimia yang berhubungan dengan penyakit pernafasan.
Bahan kimia ini juga ditemukan di beberapa perasa mentega popcorn buatan. Diacetyl dihubungankan dengan obliterans bronchiolitis atau dikenal dengan sebutan ‘Popcorn Lung’, yaitu penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada saluran paru-paru.
Istilah Popcorn Lung muncul setelah mantan pekerja di pabrik popcorn Missouri terserang penyakit paru-paru. Para peneliti melihat, orang-orang yang terus-menerus terkena uap seperti di pabrik popcorn lebih berisiko terkena penyakit paru-paru. Dilaporkan New York Times, hanya ada satu orang yang menderita penyakit paru-paru akibat terlalu banyak makan popcorn pada tahun 2007.
Jadi, haruskah kita khawatir jika ingin ngemil popcorn? Ahli Obliterans bronchiolitis, Cecile Rose, MD dari Jewish Health Nasional, mengatakan Anda tidak perlu terlalu khawatir jika memiliki kebiasaan ngemil popcorn.

“Makan popcorn mentega tidak diketahui menyebabkan penyakit paru-paru. Menghirup asap yang mengandung diacetyl dan perasa mentega lainnya baru menyebabkan penyakit paru-paru,” jelasnya sebagaimana dikutip Womenshealthmag, Rabu (23/12/2015).
Menurut Cecile Rose, orang yang terkena penyakit Popcorn Lung kemungkinan membuka bungkus popcorn yang baru matang, sehingga menghirup uapnya. Karena itu, Cecile Rose memberi saran bagaimana cara aman ngemil popcorn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar