Selasa, 13 November 2018

Ada 6 Pantai Yang Bewarna


Ada 6 Pantai Yang Bewarna -Jangan heran melihat patai bewarna di beberapa tempat di dunia ini memiliki warna yang berbeda-beda selain bewarna putih, ada juga warna yang belum pernah kita lihat seperti merah (pink beach),hijau,hitam,abu-abu,kuning,ungu.

Dan ini 6 pantai pasir bewarna berbeda dan dapat di kunjungi oleh bangsa lain.

1.      Pantai Pasir Merah Muda ( Pink Beach)
dasiatravels.com
                                                                      Foto: dasiatravels.com

Indonesia memang memiliki segudang pantai indah yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Tak heran, banyak wisatawan mancanegara yang datang untuk menikmati pantai tropis yang jarang ditemukan di daerah asal mereka. Masing-masing lokasi memiliki karakter dan keunikan yang berbeda-beda. Seperti di wilayah Indonesia Bagian Timur, terdapat empat pantai yang memiliki pasir dengan warna pink yang menarik.
Pantai Pink terletak di ujung timur Kecamatan Lambu dan Sape, Kabupaten Bima. Warna merah mudah ini muncul karena pasirnya terdiri koral, pecahan kerang, dan kalsium karbonat yang berasal dari hewan laut.  Waktu paling tepat untuk datang ke pantai ini adalah pagi hari sekitar pukul tujuh dan sore hari menjelang matahari terbenam.
Jika dilihat dari dekat, warna pink di pantai ini mungkin tidak terlihat begitu kentara. Namun jika kamu menikmatinya lewat bukit yang ada di sekitar pantai atau gambar aerial, warna pink di pantai ini akan jelas terlihat. Keindahannya didukung dengan garis pantai yang cukup panjang serta dikelilingi oleh bukit-bukit yang berwarna hijau di belakangnya, Bentuk pantai ini menyerupai teluk kecil yang landai. Karena itu pula ombaknya juga tidak besar. Daya tarik utama dari pulau ini adalah warna pink di pasir pantainya.
2.      Pantai Pasir Hijau
curtoecurioso.com
Foto: curtoecurioso.com

Pasir pantai yang biasa kita lihat mungkin hanya berwarna putih atau hitam. Namun pantai di Hawaii berbeda. Dilansir dari CNN, Rabu (27/8/2014), pantai ini memiliki nama Papakolea. Karena warna pasirnya yang tak biasa, Papakolea juga biasa disebut dengan nama 'Pantai Pasir Hijau'. Papakole berada di Hawaii, tepatnya di kawasan Ka'u. Pantai ini juga sudah terkenal di kalangan traveler sebagai pantai cantik dengan pasir unik berwarna hijau.
warna hijau pada pasir di karenakan berasal dari letusan gunung vulkanik pada 49.000 tahun lalu. Ketika itu, sebuah gunung berapi meledak dan memuntahkan abu pasir vulkanik berwarna hijau. warna hijau yang dikeluarkan muntahan ini juga berasal dari kandungan dalam gunung. Kandungan tersebut adalah kristal Olivine.
Keunikan pasir hijau di pantai ini malah  banyak bangsa turis ingin lihat atau berkunjung ke tempat pantai hijau tersebut,tapi sayang tidak selamanya berwarna hijau. Ada kalanya, warna hijau memudar karena terkena deburan ombak. Dan kalau ingin melihatnya anda harus mendaki terlebih dahulu untuk sampai ke tujuan. Setelah sampai disana anda dapat ke indahan yang luar biasa setelah bersusah payah mendaki.

3.      Pantai Pasir Hitam
auliapersonalblog.blogspot.com
Foto: auliapersonalblog.blogspot.com

Pantai-pantai di Bali tidak hanya berpasir putih saja. Ada Pantai Mengening yang justru warna pasir pantainya hitam. Meski begitu, pantainya tetap asyik dikunjungi Pantainya berada di Desa Cemangi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Jika mengunjungi Pura Tanah Lot, Anda dapat mampir ke pantai ini, karena letaknya berdekatan. Akses menuju pantai ini sangat mudah, jalannya sudah teraspal dan petunjuknya terpampang di pinggir jalan.
Pantai berpasir hitam ini dikelilingi batu-batuan besar yang menawan  dengan Pura Gede Luhur Batungaus yang menghadap ke laut selatan.  Keindahan deburan ombak pantai mengening  di atas bebatuan menciptakan pemandangan yang cantik dan indah. Ketika matahari terbenam Anda dapat menghabiskan momen romantis bersama pasangan disini, dijamin Anda akan termehek-mehek.

4.      Pantai Pasir Abu-Abu
idntimes.com
Foto: idntimes.com

                Di Amerika Serikat ada sebuah pantai yang juga memiliki pasir berwarna tak biasa. Nama pantai tersebut adalah Shelter Cove. Pantai Shelter Cove terletak di Humboldt County, California, Amerika Serikat. Pantai ini cukup terpencil dan tidak terlalu sering didatangi pengunjung. Padahal ia memiliki kondisi alam yang unik. Tak seperti umumnya pantai, pasir di pantai ini berwarna abu-abu keperakan. Dalam keadaan biasa, pasir di Shelter Cove tampak berwarna abu-abu hingga hitam. Tetapi jika terkena cahaya matahari, kilau perak di pasir pantai ini akan muncul. Pasir berwarna abu-abu dengan nuansa keperakan ini teryata merupakan hasil akhir dari pelapukan tebing-tebing di dekatnya selama puluhan tahun. Serpihan tebing tersebut berubah menjadi pasir abu-abu berkilauan yang menghampar di sepanjang pantai.

5.      Pantai Pasir Kuning
chacha2448.wordpress.com
Foto: chacha2448.wordpress.com

Pulau kuning merupakan pulau yang terletak di timur pulau Sumatera ini memiliki hampir di tiap bagian pulau ini pantai yang indah, landai dan berpasir putih halus. Kecuali daerah Tempilang, yang merupakan satu-satunya daerah yang memiliki pantai berpasir kuning. Hal ini merupakan keunikan tersendiri bagi daerah ini. Pantai Pasir Kuning terletak di Desa Tempilang Kabupaten Bangka Barat kurang lebih 70 KM dari Kota Pangkal pinang.
Pasirnya yang berwarna kuning keemasan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Dengan pemandangan bebatuan yang indah terletak disudut pantai, kita dapat menikmati panorama alam yang indah. Ada tradisi unik masyarakat pantai tersebut, setiap menjelang bulan Ramadhan, pantai Pasir Kuning banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri untuk menyaksikan ritual adat Pesta Rakyat Perang Ketupat.Perang Ketupat merupakan salah satu ritual upacara masyarakat pantai pasir Kuning.

6.      Pantai Pasir Ungu
trover.com
Foto: trover.com

Pantai merupakan salah satu tempat tujuan berlibur favorit bagi semua orang karena keindahan laut biru, deburan ombak yang menakjubkan, serta hamparan pasir putihnya yang cantik. Tetapi di dunia ini ternyata ada pantai-pantai dengan keindahan tak biasa yang menjadikan para pengunjung kagum.
Kalau anda ke sana Anda akan dibuat kagum dengan hamparan pantai dengan pasir yang bersemu ungu. Jika diperhatikan secara seksama tidak semua pasir di pantai di Pfeiffer ungu. Ada lajur-lajur ungu tercetak di antara pasir yang berwarna putih di sepanjang pantai. Pasir ungu tersebut merupakan campuran dari warna violet, merah muda, dan ungu tua. Ditulis Budget Travel, warna-warna cantik tersebut terjadi karena butiran batu kuarsa dan garnet dengan kandungan mangan dari bukit di sekitarnya. Pasir berwarna ungu ini bisa dijumpai setelah badai pada musim dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar