foto: data-base-2016.blogspot.com
Microsoft Word adalah aplikasi
pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan
oleh microsoft ini terdapat dalam satu paket microsoft office yang berisi
microsoft word, microsoft excel, microsoft power point, microsoft office
publisher microsoft office access dan lain-lain.. Akan tetapi dari sekian
banyak ini paket yang ditawarkan microsoft word yang paling sering dipakai oleh
kebanyakan orang selain microsoft excel dan power point. Dalam perkembangannya
microsoft word mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari
microsoft word 1998, microsoft word 2003, microsoft word 2007, microsoft word
2010 dan microsoft word 2013. Dengan perkembangan tersebut microsoft telah menambahkan
database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar microsoft word lebih
mudah untuk digunakan. Dengan microsoft word dapat memudahkan kerja manusia
dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain.
Fungsi Microsoft Word
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk
membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya
kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas
tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan
ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai
fasilitas yang ada dalam MS WORD.
Adapun fungsi dari mirosoft word adalah sebagai pengolah
kata sehingga semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat
dilakukan dengan aplikasi ini seperti:
- membuat surat
- membuat tabel
- membuat tulisan dengan berbagai variasi (word Art)
- memasukan gambar
- dan membuat dokumen
- Manfaat Microsoft word
Adapun manfaat dari microsoft word adalah sebagai berikut:
1. memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan
Dengan microsoft word kita bisa membuat dokumen sesuai
dengan yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi
kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai
dengan yang anda inginkan.
2. Menghemat Waktu dalam Pekerjaan
Dengan kita menggunakan microsoft word kita dapat menghemat
waktu dalam pekerjaan kita, kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk
membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan
harus mengetik atau menulis satu per satu surat yang akan dicetak.
3. Menghemat Kertas dan Biaya.
Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang
digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file
sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive
dan juga akan lebih menghemat biaya operasional.
FUNGSI MICROSOFT WORD
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk
membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya
kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan
fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena
itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya
pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami
editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan
dipergunakan. (Menu Home+ Font)
Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan
tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan
Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai
numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu
View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat
poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam
bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat
perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level
(Menu home+ Multiple List+Change List Level)
Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen
terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya
: halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar
Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh
karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break
section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran
halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor
halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page
Number + Page numbering + start at …
kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman
sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya
perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih
different first page)
Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption
yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert
Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada
exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka
pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul
secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan,
maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih
references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka
daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat
maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map).
Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung
lebih cepat)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar