Jumat, 16 November 2018

Kegunaan Medsos



Kegunaan Medsos -Kegunaan Media Sosial (medsos) tidak dipungkiri lagi efektifitas maupun efisiensinya. Hari gini, nggak punya media sosial? Medsos saat ini sudah sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tak pandang bulu, mulai dari masyarakat kelas atas hingga kelas menengah ke bawah sudah mengenal medsos. Semakin banyaknya pengguna medsos membuat para web developer media sosial, seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan lainnya terus berlomba menciptakan inovasi produk mereka agar dapat terus dinikmati.  Lalu, apa saja sebenarnya  kegunaan medsos bagi kehidupan kita?
ekoshp.com
Foto: ekoshp.com
MedSos untuk Bersosialisasi
Sesuai namanya, fungsi utama media sosial adalah untuk bersosialisasi antarindividu. Media sosial membantu kita untuk dapat bersosialisasi tanpa batas. Tak hanya dengan teman dekat, bahkan teman-teman di kota, negara, atau benua yang berbeda dapat dijangkau dengan media sosial. Dengan media sosial pula, memungkinkan kita menjalin silaturahmi kembali dengan teman-teman lama, saudara, atau kerabat yang telah lama putus komunikasi. Bisa juga membawa kamu mendapatkan teman-teman baru.
Penunjang Karier
Saat ini kegunaan medsos juga merambah pada karier, Tahukah kamu jika zaman sekarang seorang recruiter HRD perusahaan tak hanya menilai calon pekerjanya dari CV, tapi juga media sosial. Yap, ini benar adanya, termasuk di Indonesia. Keaktifan serta isi media sosial bisa memengaruhi penilaian sang recruiter perusahaan terhadap pelamar kerja. Bukan tidak mungkin sebuah perusahaan menolak kamu bekerja karena melihat isi media sosial kamu yang banyak memuat hal-hal negatif. Karena itu, jaga selalu isi media sosial kamu !
Update Informasi
Kecepatan media sosial saat ini melebihi media informasi lain yang ada, seperti televisi atau media cetak. Informasi mengenai jalanan macet, kecelakaan di jalan, berita kriminal, politik dan pemerintahan hari ini hingga berita hiburan, dapat dengan mudah ditemui di media sosial secara real time. Ini jelas mempermudah pengguna medsos dalam beraktivitas sehari-hari.
Mencari Uang Tambahan
Tak hanya buat eksis, media sosial dapat digunakan untuk menambah penghasilan. Caranya gampang banget, kamu yang memiliki followers banyak bisa menjadi influencer dengan menjadi buzzer atau endorser. Jika ingin membuka bisnis sendiri, kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai media promosi kamu. Cukup dengan media sosial dan teknik marketing yang baik kamu bisa meningkatkan sales bisnis kamu.
Menambah Pengetahuan
Selain untuk update informasi, media sosial juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Jika kamu perhatikan, banyak sekali pengetahuan tambahan yang bersifat populer yang bisa kita dapat dari media sosial. Misalnya cara memasak, membuat kerajinan, pengetahuan sejarah, fakta-fakta unik, dan sebagainya. Otomatis ini akan menambah pengetahuan kita.
Penyaluran Hobi
Media sosial dapat menjadi wadah penyaluran hobi. Saat ini banyak sekali komunitas yang mulai memanfaatkan media sosial untuk menjangkau orang-orang yang memiliki hobi sama. Ada komunitas motor gede, komunitas hobi unik, komunitas kolektor, komunitas supporter, komunitas pencinta musik, dan banyak lagi. Biasanya komunitas tergabung dalam sebuah forum diskusi. Di dalam forum itulah kamu bebas bertukar informasi.
Membantu Sesama
Hal positif lainnya, media sosial dapat dimanfaatkan untuk membantu sesama. Kekuatan media sosial yang begitu besar di era digital memungkinkan kita merangkul banyak orang dari segala golongan dengan cepat. Misalnya, ketika terjadi bencana alam di daerah, melalui media sosial sebuah badan amal atau yayasan dapat bergerak lebih cepat mengumpulkan bantuan sumbangan dari ratusan bahkan puluhan ribu orang sekaligus.


1 komentar:

  1. Zaman semakin berubah, pemakai medsos juga harus menggunakannya dengan bijak.

    Paket Bundling

    BalasHapus