Jumat, 16 November 2018

Khasiat daging sapi



Khasiat daging sapi
herosupermarket.co.id
Foto: herosupermarket.co.id
Daging sapi adalah salah satu bahan makanan yang banyak digemari masyarakat di berbagai kalangan. Selain memiliki rasa yang nikmat, jenis daging ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam kreasi sesuai dengan selera. Olahan daging sapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Takheran jika banyak yang gemar mengkonsumsi daging sapi ini dibandingkan dengan jenis daging lainnya.
Manfaat danging sapi sendiri mungkin sangat awam di telinga pendengar. Meskipun hampir semua dari kita sudah pernah merasakan nikmatnya danging sapi atau danging merah namun mungkin anda belum anda belum mengetahui segudang khasiat yang  didapatk dari mengkonsumsi danging tersebut. Manfaat daging  sapi yang utama adalah untukmembantu tumbuh kembang badan. Inilah yang menjadi alasan banyak produk makanan bayi yang  dibuat dari bahan daging  sapi.
Daftar Isi Manfaat
Kandugan Nutrisi dan Gizi danging sapi:
Dalam setiap 100 gr danging sapi mengandung nutrisi dan gizi:
-          Protein 26 gram
-          Kolesterol 90 mg
-          Lemak 15 gram
-          Natrium 72 mg
-          Kalsium 318mg
-          Magnesium 21mg
-          Zat besi 2,6 mg
-          Vitamin B6 0.4 mg
-          Vitamin B12 2,6 mikroram
-          Vitamin D IU

-         Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan :
1.      Membantu mencegah resiko serangan stroke
mediskus.com
Foto: mediskus.com
Salah satu akibat terjadinya serangan stroke adalah sel-sel syaraf yang tidak mendapatkan cukup banyak asupan oksigen dari pembuluh darah kapiler. Daging merah mengandung asam lemak jenuh yang bermanfaat untuk melancarkan sistem sirkulasi darah. Namun yang harus diingat, manfaat daging sapi ini akan sempurna jika kita mengolahnya dengan cara yang benar. Cara pengolahan daging merah yang tepat bisa dengan direbus ataupun dipanggang.

2.      Mencegah resiko diabetes
hellosehat.com
Foto: hellosehat.com
Diabetes merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat kekurangan kadar insulin dalam tubuh yang bermanfaat untuk merombak gula darah. Dengan mengkonsumsi olahan daging merah secara rutin dan sesuai aturan maka tubuh akan terhindar dari resiko penyakit diabetes.

3.      Meningkatkan sistem imun dalam tubuh
artikelsiana.com
Foto: artikelsiana.com
Nutrisi dan gizi penting di dalam daging merah bermanfaat untuk menambah sistem kekebalan tubuh. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang berburu daging sapi sebagai menu harian meskipun harganya lumayan mahal. Manfaat daging merah untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini memang patut dicoba agar tubuh kita selalu sehat dan bebas beraktivitas.

4.      Mencegah anemia
plukme.com
Foto: plukme.com
Danging merah mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi merupakan salah satu penyusun utama dari sel darah merah. Jika produksi sel darah merah dalam tubuh  meningkat  maka kebutuhan darah dalam tubuh dapt tercukupi. Dengan demikian tubuh kita akan terhindar dari resiko kekurangan sel darah merah atau yang biasa disebut degan isitilah anemia.

5.      Meningkatkan kecerdasan otak
aurakecerdasan.com
Foto: aurakecerdasan.com
Salah satu manfaat daging sapi yang diburu oleh para orang tua adalah untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Kandungan daging merah terbaik sangat bagus untuk membantu tumbuh kembang sang buah hati tercinta. Beberapa kandungan daging sapi yang bagus untuk menutrisi otak anak tersebut diantaranya asam lemak omega 3, protein, dan juga omega 6. Dengan berbagai zat penting tersebut maka kemampuan kognitif si kecil akan terus meningkat secara efektif.

6. Mencegah obesitas
pinterest.com
Foto: pinterest.com
Kandungan protein yang cukup tinggi pada daging sapi sangat bagus untuk di konsumsi bagi anda yang sangat takut akan kegemukan. Kandungan ini seimbang dengan rendahnya lemak dalam daging merah. Tentunya daging merah ini sangat bagus untuk anda karena setiap asupan yang kita makan akan diambil untuk membangun massa otot.

6.      Menambah massa otot, lebih kuat dan kencang
adadiduniamaya.blogspot.com
Foto: adadiduniamaya.blogspot.com
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kandungan protein pada daging merah turut berperan dalam menambah massa otot, menguatkan sekaligus mengencangkan. Para atlet binaragawan biasanya menyertakan olahan daging ini ke dalam menu harian mereka yang terbukti menyehatkan.

7.      Sebagai sumber energi
 hedisasrawan.blogspot.com
Foto: hedisasrawan.blogspot.com
Manfaat daging merah sebagai sumber energi ideal bukanlah hal yang baru lagi. Dalam setiap 100 gr daging sapi memberikan sekitar 250 kkal energi. Hal ini tentunya menjadi jumlah energi yang cukup bagi tubuh kita sehingga kebutuhan harian kita dapat terpenuhi dengan sempurna.

9. Meningkatkan produksi sperma
 food.detik.com
Foto: food.detik.com
Manfaat daging merah untuk membantu meningkatkan produksi sperma sudah banyak dikenal sejak dahulu. Sperma yang dihasilkan setelah mengkonsumsi daging sapi dengan kandungan nutrisi tinggi lebih aktif dan lebih berkualitas.

10. Menjaga berat badan ideal

Daging merah memiliki kandungan nutrisi penting yang bagus untuk mendukung program diet. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat daging sapi diantaranya adalah untuk menambah daya tahan tubuh dan juga sebagai sumber energi. Hal ini secara tidak langsung juga berbubungan dengan berat badan yang akan menjadi ideal tanpa gangguan kesehatan.
Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan Lainnya :
11. Meningkatkan kualitas hidup
12. Menjadikan berat badan proporsional
13. Membantu fungsi jantung
14. Membantu mempercepat penyembuhan luka
15. Memperbanyak sel darah merah
16. Sebagai sumber karbohidrat
17. Memelihara sistem syaraf pusat
18. Mempertajam konsentrasi
19. Sebagai sumber perlindungan yang cukup baik
20. Membantu fungsi hati
Cara Mengolah Daging Sapi :
Selain daging ayam, daging merah bisa dikreasikan menjadi beberapa menu makanan yang lezat dan nikmat. Daging merah bisa diolah menjadi menu soto, bistik, sup hingga rendang. Cita rasadari olahan daging sapi ini jika bumbu pas, maka akan memikat pembeli dan membuat ketagihan.

Tips Memilih Daging Sapi :

Beberapa ciri daging merah yang sehat, segar dan layak konsumsi diantaranya sebagai berikut.
·         Perhatikan warna daging. Daging merah yang bagus memiliki warna merah mengkilat, tidak pucat dan tidak kotor.
·         Perhatikan tekstur daging merah, pilihlah yang memiliki tekstur kenyal, elastis atau tidak lembek.
·         Aroma daging. Daging merah yang bagus tidak memiliki bau yang asam dan menyengat.
·         Usahakan untuk tidak memilih daging merah yang berair atau berlendir.

                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar