Jumat, 02 November 2018

Pengertian Pisang dan Kandungan Gizinya Dan Jenis- Jenisnya



Pengertian Pisang dan Kandungan Gizinya  Dan Jenis- Jenisnya - Pengertian Buah Pisang dan Kandungan Nutrisinya. Pisang merupakan tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Pisang yang sarat dengan beberapa nutrisi, Gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa, Vitamin dan mineral: vitamin B6, vitamin C, vitamin A, kalium, serat makanan, biotin, karbohidrat, magnesium, riboflavin dan mangan.

Berikut adalah Tabel Nilai Gizi yang Lebih Rinci Pada Pisang

Principle
Nutrient Value
Percentage of RDA
Energi
90 Kcal
4.5%
Karbohidrat
22.84 g
18%
Protein
1.09g
2%
Total Lemak
0.33 g
1%
Dietary Fiber
2.60 g
7%
Vitamins
Folat
20 µg
5%
Niacin
0.665 mg
4%
Asam pantotenat
0.334 mg
7%
Pyridoxine
0.367 mg
28%
Riboflavin
0.073 mg
5%
Thiamin
0.031 mg
2%
Vitamin A
64 IU
2%
Vitamin C
8.7 mg
15%
Vitamin E
0.10 mg
1%
Vitamin K
0.5 µg
1%
Elektrolit
Sodium
1 mg
0%
Potassium
358 mg
8%
Minerals
Kalsium
5 mg
0.5%
Tembaga
0.078 mg
8%
Besi
0.26 mg
2%
Magnesium
27 mg
7%
Mangan
0.270 mg
13%
Fosfor
22 mg
3%
Selenium
1.0 µg
2%
Zinc
0.15 mg
1%
Phyto-nutrients
Karoten-α
25 µg
Karoten-ß
26 µg
Lutein-zeaxanthin
22 µg

Buah ini tersusun dalam tandan dan memiliki macam-macam jenis seperti di bawah ini :

Pisang ambon

caraways.blogspot.com

Foto: caraways.blogspot.com
Pisang ambon adalah salah satu jenis buah pisang yg dagingnya tebal, berwarna putih kekuning-kuningan, kulitnya kehijau-hijauan sampai kuning. siapa yang tidak mengenal pisang satu ini. Rasanya yang manis yang banyak digemari masyarakat. Buah ini berasal dari Indonesia, namun merupakan salah satu produk andalan di negeri Belanda.

Pisang raja                                    

medium.com

Foto: medium.com
Pisang raja memiliki cirri-ciri buah yang yang melengkung. Kulitnya tebal namun sedikit kasar. Jika sudah matang pisang ini berwarna orange.dan memiliki aroma yang harum.  Ukuran pisang ini tidak terlalu besar maupun kecil.

Pisang mas


Foto: rumahbuah.com
Pisang Mas memiliki bentuk kecil dengan aroma harum dan rasa yang lebih manis. Tidak hanya mengandalkan rasa yang manis, pisang ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dari kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi. Kulit buah pisang emas mampu menyerap racun-racun,residu kimia yang ada di buah pisang emas itu sendiri, oleh karena itu buahnya terjamin dari zat-zat kimia dan zat yang tidak berguna bagi tubuh. Semakin tua buahnya maka semakin kaya nutrisi.

Pisang cavendish

sunpride.co.id

Foto: sunpride.co.id
Jenis pisang gian Cavendish merupakan jenis pisang dengan komoditi ekspor terbesar di Filipina. Saat matang warna kulinya berwarna kuning cerah. Buah ini memiliki ukuran panjang 15-22 cm dengan diameter 3-4 cm. daging pisang ini sangat lembut dengan rasa yang manis dan aroma yang harum.

Pisang susu

 weebly.com

Foto: weebly.com
Pisang susu banyak manfaatnya, seperti pisang" yg lain. Salah satunya sebagai penambah asam folat. Asam folat merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangannya di dalam rahim. Pisang susu mengandung asam folat sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk ibu hamil. Karena pisang juga mengandung kalori yang cukup tinggi jadi berhati hatilah jangan sampai terlalu banyak mengkonsumsi pisang agar manfaat pisang yang didapatkan oleh ibu hamil akan maksimal. satu butir pisang bisa mempunyai kalori 80-100 kalori.

Pisang kepok

jihandavincka.com
Foto: jihandavincka.com
Buah pisang kapok memilki tekstur tebal dengan daging buah berwarna krem dan halus. Ketika mentah pisang ini berwarna hijau dan kuning saat matang. Pada umumnya pisang ini dikonsumsi lebih lezat ketika direbus dan digoreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar