Senin, 05 November 2018

Manfaat Air Tebu Bagi Kulit



Arah.Com
Foto: Arah.Com

Manfaat Air Tebu Bagi Kulit -Rasa manis dan segar air tebu tak hanya berguna sebagai penawar dahaga, tapi juga beragam khasiat untuk kesehatan. Meski manis, air tebu justru mampu melindungi gigi dari pembusukan. Minuman ini juga bisa dijadikan senjata ampuh melawan kanker, menguatkan organ tubuh, serta mengeliminasi racun-racun tubuh.
Air tebu juga punya beragam manfaat untuk kesehatan kulit seperti:

1. Bantu atasi jerawat
Tanaman dengan nama latin Saccharum officinarum ini membantu orang mengatasi jerawat. Cukup gunakan air tebu, maka jerawat pun menjauh dari muka. Bagi mereka yang memiliki kulit rentan berjerawat, penggunaan air tebu sebagai masker akan membuahkan hasil maksimal.
Anda bisa membuat masker dari air tebu dan pepaya untuk kulit halus bebas jerawat. Cukup campur air tebu dari batangnya sepanjang 30 sentimeter dan 100 gram pepaya yang telah dihaluskan. Campur hingga menjadi pasta lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit hingga masker mengering.
Kemudian, bilas wajah dengan air bersih. Agar wajah lebih segar, kompres dengan air dingin.

2. Lindungi kulit dari penuaan dini
Seiring bertambahnya usia, wajah akan memperlihatkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan di sekitar mata dan garis senyum di dekat bibir.
Lihat juga: Mengenal 'AHAs', si Pencerah pada Produk Perawatan Kulit
Tak perlu khawatir, Anda bisa menanganinya dengan air tebu yang mampu 'menunda' kemunculan tanda penuaan lebih lanjut. Air tebu mengandung antioksidan, flavonoid, dan komponen fenolik. Kandungan komponen-komponen ini membantu kulit tampak bercahaya, lembut, dan lembap.

3. Eksfoliator
Tebu merupakan tanaman asli dan tersebar di negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tak sulit menemukan tanaman ajaib ini di Indonesia. Tebu bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator atau scrub. Bahan alaminya membuat kulit aman dan minim risiko iritasi. Gula tebu mengandung asam glikolat yang mampu membantu mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang dapat menutup pori-pori.

4. Jaga kelembapan kulit
Air tebu membantu menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Tanaman ini memiliki kandungan alpha hydroxy acids (AHAs) yang menjaga kelembapan kulit, melawan jerawat, dan membantu menghambat kemunculan tanda penuaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar